Pendekatan Manajerial dan Pemasaran dalam Bisnis Kuliner Mahasiswa Studi Kasus: Inkubasi Dinasti Dimsum
Abstrak
Bidang kuliner menjadi salah satu bidang ekonomi kreatif yang tumbuh sangat pesat hari ini. Walaupun demikian, masih banyak yang merasa usahanya jalan ditempat khususnya UMKM. Dari fenomena ini tentu dibutuhkan kreativitas dalam berwirausaha bukan cuma sebatas promosi tapi juga makanan berkualitas. Hal ini sejalan dengan banyaknya masyarakat yang konsumsi camilan tidak sehat, bahkan bisa berdampak kepada kesehatan. Artikel ini membahas lebih lanjut mengenai strategi manajerial dan pemasaran usaha yang dijalankan mahasiswa pada Dinasti Dimsum. Dimsum ini menawarkan produk camilan yang lebih sehat untuk dikonsumsi. Dalam menjalankannya, berbagai usaha dilakukan untuk promosi seperti melalui teman dekat, keluarga, sosial media, hingga membuka tenant. Hasil analisis SWOT juga menjadi acuan bergerak yang menunjukkan keunggulan dari produk Dinasti Dimsum, analisis pasar, hingga tantangan yang akan dihadap. Dalam artikel ini juga menyoroti pentingnya sebuah kolaborasi dan kreativitas dalam menjalankan sebuah usaha. Dinasti Dimsum menjadi contoh bahwa mahasiswa juga bisa berkreasi dan menciptakan sebuah usaha yang menyesuaikan pasar.

