Agenda Setting Media Televisi Melawan Informasi Palsu dalam Pemilu 2024 Melalui Berita Infografis

Authors

  • Dwi Universitas Mercu Buana Jakarta

Abstract

Pemilih muda merupakan populasi yang berusia 17-39 tahun. Definisi tersebut mengadopsi syarat pemilih dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Pada pasal 1 ayat 34 disebutkan bahwa pemilih adalah warga negara yang telah genap berusia 17 tahun atau lebih, sudah kawin, atau sudah pernah kawin.  Salah satu asumsi umum dalam perdebatan politik Indonesia ialah menempatkan generasi muda sebagai kelompok yang apatis pada politik. Pandangan ini patut untuk diuji lebih lanjut. Media televisi sebagai lembaga penyiaran milik publik memiliki peranan yang sangat penting dalam penyebarluasan informasi, khususnya pada masa pemilihan umum 2024. Teori yang mendukung penelitian ini adalah agenda setting. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan key informan adalah Produser Eksekutif Liputan 6 Pagi dan Produser Program “Cek Fakta”.

References

Anggraeni, Dewi. Adrinoviarini. "Strategi Pengawasan Terhadap Ujaran Kebencian di Media Sosial Pada Pemilu (Studi Kasus Pilgub DKI 2017)." Al-Wasath: Jurnal Ilmu Hukum, Vol. 1, No. 2, 2020.

Arigia. M. Bintang. “Infografis Sebagai Media Dalam Meningkatkan Pemahaman Dan Keterlibatan Publik Bank Indonesia”. Jurnal Komunikasi Vol. 8, No. 2, Desember 2016.

Azman. "Penggunaan Media Massa dan Media Sosial di Kalangan Mahasiswa Komunikasi." Jurnal Peurawi: Media Kajian Komunikasi Islam, Vol. 1, No. 1, 2018.

Fernandes, Arya. Pemilih Muda Dalam Pemilihan Umum 2024: Dinamis, Adaptif dan Responsif. Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS tahun 2023.

Habibie, Dedi Kusuma. “Dwi Fungsi Media Massa.” Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 7, No. 2, 2018.

Intyaswati, Drina. Pengaruh Penggunaan Media Terkait Partisipasi Politik. Purwokerto: CV Pena Persada, 2022.

Littlejohn, Stephen W. & Karen A. Foss, “Teori Komunikasi Theory of Human Communication”, (Jakarta; Salemba Humanika, 2009)

Retno Nurul Aisyah. Penggunaan Infografis pada Akun Instagramtirtoid sebagai Strategi Cross-media. Kajian Jurnalisme, Volume 03, Nomor 02, Tahun 2020.

Safitri, Siti Noraulva. Penggunaan Media Sebagai Sumber Informasi Pemilu Pilpres dan Pileg 2024 di Kalangan Mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri di Palangka Raya. Restorica: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi negara dan Ilmu Komunikasi, Vol 9 No 1, April 2023.

Sapitri, Hendra. Media Televisi Swasta Dan Politik Dalam Pemilihan Presiden 2019 Ditinjau Dari Perspektif Agenda Setting. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik Vol. 24 No. 2, Desember 2020.

Saputri, Kinanthi W. Efektivitas Infografis sebagai Media Penyebaran Informasi Bidang Perpustakaan pada Akun Instagram @literatif.id terbit Jurnal Ilmu Perpustakaan Vol.12. No.1 April (2023).

Sriyati, Tutik. Pemanfaatan Infografik oleh Perpustakaan di Indonesia. Media Pustakawan. Vol. 26 No. 1 Tahun 2019.

Published

2024-06-18