Analisis Strategi Public Realtions Lingkar Ganja Nusantara dalam Membentuk Persepsi Ganja Medis Sebagai Pengobatan Alternatif kepada Masyarakat

Authors

  • Aditya Wicaksono
  • Aska Leonardi Universitas Sahid

Abstract

Lingkar Ganja Nusantara atau yang biasa dikenal dengan LGN memiliki Public Relations yang bertujuan untuk membentuk persepsi ganja sebagai pengobatan alternatif melalui media sosial Instagram. Dalam membentuk persepsi ganja sebagai pengobatan alternatif ini LGN melihat kesulitan dalam mengedukasi atau menginformasikan literasi tentang tanaman ganja di Indonesia, dengan persepsi masyarakat yang memandang ganja haram dan tidak memiliki manfaat. Tetapi LGN mengajak simpul-simpul yang berada di regional atau daerah-daerah untuk ikut andil dalam menyebarkan konten di instagram melalui akun @lgn_id, dengan mengupayakan untuk memberikan informasi seputar ganja baik dalam informasi pengobatan alternatif maupun sampai pada sejarah ganja itu sendiri. Adapun tujuan penelitian sebagai berikut, untuk mengetahui strategi public relation Lingkar Ganja Nusantara dalam membentuk persepsi ganja sebagai pengobatan alternatif. Metode yang digunakan adalah Metode deskriptif kualitatif, dimana subjek penelitiannya terdiri dari 1 key informan dan 4 informan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, studi kepustakaan, dokumentasi. Teknik analis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik analis data Model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini adalah Humas Lingkar Ganja Nusantara dengan melihat strategi kampanye humas melalui model The Nine Steps of Strategic Public Relations. Hal ini sesuai dengan tujuan Public Relation Lingkar Ganja Nusantara, yaitu membentuk persepsi ganja sebagai pengobatan alternatif.

Author Biography

Aska Leonardi, Universitas Sahid

Fakultas Ilmu Komunikasi, Asisten Ahli

References

Andira, Dwi Ayu; Pudjibudojo, Jatie K. 2020. “Pengobatan Alternatif Sebagai Upaya Penyembuhan Penyakit.” Jurnal Insight, Vol. 16, No. 2, Oktober 2020: 393-401. Jember (ID): Universitas Muhammadiyah. DOI: 10.32528/ins.v%vi%i.2053

Anisah, Lailatul. 2022. “Ganja Untuk Kebutuhan Medis? Ini Pendapat Ikatan Dokter Indonesia (IDI).” Kontan. Last modified 2022. Accessed July 16, 2022. https://nasional.kontan.co.id/news/ganja-untuk-kebutuhan-medis-ini-pendapat-ikatan-dokter-indonesia-idi.

Anugerah, Pijar. 2022. “Ganja Medis: Perjuangan Santi Warastuti Demi Mencari Pengobatan Untuk Anaknya.” BBC News Indonesia. Last modified 2022. Accessed July 16, 2022. https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-61956811.

Ardianto, Elvinaro. 2010. Metodologi Penelitian Untuk Public Relations Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Aryani, Luh Nyoman Alit. 2017. “Tinjauan Pustaka: Gangguan Psikotik Pada Pengguna Ganja (Cannabis).” Denpasar (ID): Universitas Udayana.

Bella. 2022. “Dilema Legalisasi Ganja Di Indonesia, Ini Tanggapan Masyarakat Kalimantan Barat.” Suarakalbar.Id, 2022. Accessed July 22, 2022. https://kalbar.suara.com/read/2022/06/29/205353/dilema-legalisasi-ganja-di-indonesia-ini-tanggapan-masyarakat-kalimantan-barat.

Bungin, Burhan. 2008. Konstruksi Sosial Media Massa: Kekuatan Pengaruh Media Massa, Iklan Televisi, Dan Keputusan Konsumen Serta Kritik Terhadap Peter L. Berger & & Thomas Luckman. 1st ed. Jakarta: Prenadamedia Group.

Cangara, Hafied. 2013. Perencanaan Dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Diego Diego, Elva Ronaning Roem, and Sarmiati Sarmiati. 2022. “THE COMMUNICATION STRATEGY OF PRIVATE UNIVERSITIES IN PADANG CITY IN ATTRACT NEW STUDENTS IN THE TRANSITION FROM PANDEMIC TO ENDEMIC 2022 ERA,” Proceedings Of International Conference On Communication Science 2, no. 1 (November 10, 2022): 331–342, accessed February 14, 2023, https://proceeding.unram.ac.id/index.php/iccs/article/view/34.

Farisa, Fitria Chusna. 2022. “Kisah Ganja Medis Fidelis Untuk Sang Istri Yang Berujung Bui.” Kompas.Com. Last modified 2022. Accessed July 16, 2022. https://nasional.kompas.com/read/2022/06/29/13511341/kisah-ganja-medis-fidelis-untuk-sang-istri-yang-berujung-bui?page=all.

Gondokesumo, Marisca Evalina, and Nabbilah Amir. 2021. “Legality Of Marijuana Use In The Need For Medical Treatment In Indonesia (Judging From Law Number 36 Of 2009 Concerning Health And Law Number 35 Of 2009 Concerning Narcotics).” Journal Equity of Law and Governance 1, no. 2 (October 6, 2021): 119–126. Accessed July 16, 2022. https://ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/elg/article/view/3938.

Ika. 2022. “Guru Besar Farmasi UGM Jelaskan Penggunaan Ganja Untuk Medis.” Universitas Gadjah Mada. Last modified 2022. Accessed July 16, 2022. https://www.ugm.ac.id/id/berita/22651-guru-besar-farmasi-ugm-jelaskan-penggunaan-ganja-untuk-medis.

Isnaini, Enik. 2017. “Penggunaan Ganja Dalam Ilmu Pengobatan Menurut Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.” Jurnal Independent 5, no. 2 (2017): 46–54.

Kent, Michael & Li, Chaoyuan. 2019. Toward a normative social media theory for public relations. Public Relations Review. 46. 101857. 10.1016/j.pubrev.2019.101857.

Kim, R. B., & Chao, Y. 2019. Effects of brand experience, brand image and brand trust on brand building process: The case of Chinese millennial generation consumers. Journal of International Studies, 12(3), 9-21. doi:10.14254/2071- 8330.2019/12-3/1.

Klumpers, Linda E., and David L. Thacker. 2019. “A Brief Background on Cannabis: From Plant to Medical Indications.” Journal of AOAC INTERNATIONAL 102, no. 2 (March 1, 2019): 412–420. Accessed December 16, 2022. https://academic.oup.com/jaoac/article/102/2/412/5658196.

Kriyantono, Rachmat. 2020. Teknik Praktis Riset Komunikasi Kuantitatif Dan Kualitatif. 2nd ed. Jakarta: Prenadamedia Group.

Merriam-Webster, Strategy Definition & Meaning accessed January 10, 2023, https://www.merriam-webster.com/dictionary/strategy.

Monti, Manuela Carla, Priska Frei, Sophie Weber, Eva Scheurer, and Katja Mercer-Chalmers-Bender. 2022. “Beyond Δ9-Tetrahydrocannabinol and Cannabidiol: Chemical Differentiation of Cannabis Varieties Applying Targeted and Untargeted Analysis.” Analytical and Bioanalytical Chemistry 414, no. 13 (May 1, 2022): 3847–3862. Accessed July 16, 2022. https://link.springer.com/article/10.1007/s00216-022-04026-2.

Narayana, Dhira. 2022. Tentang kami, Lingkar Ganja Nusantara. Lgn.or.id. https://lgn.or.id/en/tentang-kami/.

Nasrullah, Rully. 2015. Media Sosial (Perspektif Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknologi). Jakarta: Simbiosa Rekatama Media.

Prastiwi, Devira. 2022. “Sederet Tanggapan Berbagai Pihak Soal Legalisasi Ganja Medis Di Indonesia.” Liputan6.Com, 2022. Accessed July 22, 2022. https://m.liputan6.com/news/read/4999270/sederet-tanggapan-berbagai-pihak-soal-legalisasi-ganja-medis-di-indonesia.

Quesenberry, Keith A. 2021. Social Media Strategy: Marketing, Advertising, and Public Relations in the Consumer Revolution (United Kingdom: Rowman & Littlefield, 2021), accessed February 14, 2023, https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=QWTyDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR3&dq=strategists+are+people+who+actually+come+up+with+new+ideas+and+concepts.&ots=BttkQkEIrQ&sig=aGiQ9FAL1rf5IhhJct9miB0KFy8&redir_esc=y#v=onepage&q=strategists are people who actually.

Rolando, Sara, Vibeke Asmussen Frank, Karen Duke, Rahel Kahlert, Agnieszka Pisarska, Niels Graf, and Franca Beccaria. 2020. “‘I like Money, I like Many Things’. The Relationship between Drugs and Crime from the Perspective of Young People in Contact with Criminal Justice Systems.” Drugs: Education, Prevention and Policy 28, no. 1 (2020): 7–16. Accessed July 16, 2022. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/09687637.2020.1754339.

Ruslan, Rosady. 2013. Kiat Dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ruslan, Rosady. 2016. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi: Konsepsi Dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Septiyana, Rike, Dwi Putri, and Maulina Larasati. 2014. “Kampanye Program Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Survey Deskriptif: Rendahnya Partisipasi Kampanye Program Generasi Berencana (GenRe) Terkait Pendewasaan Usia Perkawinan Pada Pendekatan Pusat Informasi Konseling (PIK) Remaja SM.” Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi 2, no. 1 (December 30, 2014): 42–55. Accessed December 22, 2022. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/communicology/article/view/83.

Smith, R. D. 2017. Strategic Planning for Public Relations. 5th ed. New York, United States: Routledge. https://books.google.co.id/books?id=9TgkDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=ronald+d+smith+2017&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwjB88iBx8zkAhVMWisKHRo-A0gQ6AEIKjAA#v=onepage&q=ronald d smith 2017&f=false.

Sugiyono. 2017. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D.” In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D, 184. Bandung: Alfabeta.

Sulaiman, M. Reza. 2022. “Pro Dan Kontra Ganja Medis Untuk Kesehatan: Dari Klaim Manfaat Hingga Risiko Legalisasi.” Suara.Com. Accessed July 22, 2022. https://amp-suara-com.cdn.ampproject.org/v/s/amp.suara.com/health/2022/07/07/053000/pro-dan-kontra-ganja-medis-untuk-kesehatan-dari-klaim-manfaat-hingga-risiko-legalisasi?amp_gsa=1&amp_js_v=a9&usqp=mq331AQKKAFQArABIIACAw%3D%3D#amp_tf=Dari %251%24s&aoh=165.

UU No. 35. 2009. Narkotika. Badan Narkotika Nasional. Jakarta.

Utami, Shafira; Dida, Susanne; Prastowo, FX Ari Agung. 2017. ProTVF, Volume 1, Nomor, 1, Maret 2017, Hal. 61-76. STRATEGI PERENCANAAN PUBLIC RELATIONS NET. TV DALAM MEMBENTUK CITRANYA SEBAGAI TELEVISI MASA KINI. ProTVF, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 61-76, apr. 2018. ISSN 2549-0087. Available at: <http://jurnal.unpad.ac.id/protvf/article/view/13334/6156>. Date accessed: 13 june 2023. doi:https://doi.org/10.24198/ptvf.v1i1.13334.

Wahyurini, Priska Dwi. 2021. “Penegakan Hukum Terhadap Pelaku Penyalahgunaan Ganja Sebagai Pengobatan.” DE LEGA LATA: Jurnal Ilmu Hukum 6, no. 2 (March 18, 2021): 252–266. Accessed July 15, 2022. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/delegalata/article/view/5014.

Werder, Kelly Page. 2020. “Public Sector Communication and Strategic Communication Campaigns,” in The Handbook of Public Sector Communication (John Wiley & Sons, Ltd, 2020), 245–258, accessed February 14, 2023, https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1002/9781119263203.ch16.

Published

2024-07-18