Tingkat Pengetahuan dan Sikap Ibu Tentang Pemberian Imunisasi Dasar Lengkap Pada Bayi di Wilayah Kerja Puskesmas Prambonwetan Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban

Authors

  • Anies Noer Safitri Poltekkes Kemenkes Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.52020/jkwgi.v6i1.3433

Keywords:

Ilmu Kesehatan, Keperawatan

Abstract

Imunisasi merupakan suatu bentuk intervensi Kesehatan yang efektif dalam menurunkan angka kematian pada bayi dan balita. Dengan diberikannya imunisasi akan memberikan kekebalan terhadap tubuh anak. Dari 33 puskesmas di Kabupaten Tuban yang memiliki angka pemberian imunisasi paling rendah di tahun 2018 berada di Kecamatan Rengel yaitu sebesar 82,02%. dari target Renstra sebesar 92,5%. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi tingkat pengetahuan dan sikap ibu tentang pemberian imunisasi dasar lengkap pada bayi di Desa Banjaragung Wilayah Kerja Puskesmas Prambonwetan Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban.

          Desain Penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah ibu yang memiliki bayi di Desa Banjaragung Wilayah Kerja Puskesmas Prambonwetan. Besar sampel 157 orang. Teknik sampling menggunakan Purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Data ditampilkan dengan menggunakan frekuensi.

          Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar ibu memliki pengetahuan baik (52,9%), dan memiliki sikap negatif atau kurang mendukung  (52,2%).

          Sebagian besar ibu yang memiliki bayi di Desa Banjaragung Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban memiliki pengetahuan dengan kategori baik. Dan sebagian besar dikategorikan memiliki sikap negatif atau tidak mendukung tentang pemberian imunisasi dasar lengkap pada bayi. Faktor sikap dapat dipengaruhi oleh orang lain, diketahui bahwa ibu yang bekerja bisa mendapatkan informasi yang salah tentang informasi yang diterima selama bekerja. Penelitian ini dapat digunakan untuk menambah pengetahuan dengan mengikuti kegiatan posyandu, atau kegiatan penyuluhan. Dengan harapan ibu memberikan imunisasi dasar lengkap pada anaknya sesuai jadwal yang ditetapkan.

Author Biography

Anies Noer Safitri, Poltekkes Kemenkes Surabaya

Keperawatan, Mahasiswa

References

A. Aziz Alimul Hidayat. (2008). Pengantar Ilmu Kesehatan Anak Untuk Pendidikan Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika.

A. Aziz Alimul Hidayat. (2008). Pengantar Ilmu Kesehatan Anak Untuk Pendidikan Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika.

Astuti Setiyani, Sukesi, & Esyuananik. (2016). Asuhan Kebidanan Neonatus, Bayi, Balita, dan Anak Pra Sekolah. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Sumber Daya Manusia Kesehatan.

Ayok Ariyanto, & Sulistyorini, (2020). Konsep Motivasi Dasar dan Aplikasi Dalam Lembaga Pendidikan. Jurnal Basic Of Education, 4(3), 103-114.

Azwar, (2013). Sikap manusia teori dan pengukurangannya. Yogyakarta: pustaka pelajar offset

Budiarti, A. (2019). Hubungan Faktor Pendidikan, Pekerjaan, Sikap Dan Dukungan Keluarga Terhadap Imunisasi Dasar Di Rw 03 Kelurahan Kedung Cowek Kenjeran Surabaya. Jurnal Kesehatan Mesencephalon, 5(2). https://doi.org/10.36053/mesencephalon.v5i2.107

(Budiarti, 2019)

Dalam Meningkatkan Cakupan Imunisasi Boster, Puskesmas Pleret Membuat Inovasi "Pager Si Botak", 2019, https://puskesmas.bantulkab.go.id/pleret/2019/10/22/dalam-meningkatkan-cakupan-imunisasi-boster-puskesmas-pleret-membuat-inovasi-pager-si-botak/, diperoleh 26 Januari 2020.

Darmawan, A. A. K. N. (2016). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Kunjungan Masyarakat Terhadap Pemanfaatan Pelayanan Posyandu Di Desa Pemecutan Kelod Kecamatan Denpasar Barat. Jurnal Dunia Kesehatan, 5(2), 29–39.

Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban (2017). Profil Kesehatan Kabupaten Tuban Tahun 2017. Tuban: Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban

Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban (2018). Profil Kesehatan Kabupaten Tuban Tahun 2018. Tuban: Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban.

Published

2022-03-16