EVALUASI TATA KELOLA SISTEM INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA COBIT 5 (STUDI KASUS DI PT. BANK XYZ)

Penulis

  • Christian Hadi Manajemen Sistem Informasi, Universitas Bina Nusantara
  • Gabriel Caesario Manajemen Sistem Informasi, Universitas Bina Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.52958/iftk.v14i2.368

Kata Kunci:

Tata kelola IS/IT, COBIT 5

Abstrak

Industri perbankan merupakan salah satu industri yang memiliki regulasi yang inggi, salah satu regulasi yang diatur oleh OJK sebagai penyelenggara sistem pengaturan dan pengawasan dalam sektor perbankan adalah POJK nomor 38/POJK.03/2016 yang juga mengatur bagaimana Bank menjalankan tata kelola SI/TI. Beberapa manfaat yang dapat diterima perusahaan dengan mengimplementasikan COBIT adalah memungkinkan bisnis untuk mendapatkan nilai dari investasi IT, menjaga kualitas informasi untuk mendukung pengambilan keputusan bisnis, dan beberapa manfaat lainnya. Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan gambaran atas tata kelola SI/TI dan meningkatkan proses tata kelola SI/TI perusahaan.
Dari hasil penilaian tata kelola Sistem Informasi yang dilakukan pada PT. Bank XYZ, saat ini terdapat 5 proses pada level 4 (Ensure Risk Optimisation, Ensure Resource Optimisation, Manage Human Resources, Manage Assets, dan DSS06 : Manage Business Process Controls), dan 5 proses pada level 5 (Manage Budget and Costs, Manage Risk, Manage Security, dan Monitor, Evaluate and Assess the System of Internal Control). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengelolaan Tata kelola SI/TI sudah dilakukan dengan sangat baik, karena mayoritas proses yang di evaluasi pada penelitian berada pada
level 4 (predictable) & 5 (optimizing).
Untuk meningkatkan tata kelola IS/IT di PT. Bank XYZ, perusahaan disarankan untuk melakukan evaluasi atas perubahan yang dilakukan atas masing masing inisiatif, dan melakukan review atas dampak dari perubahan yang dilakukan dalam proses manajemen sumber daya manusia.

Biografi Penulis

Christian Hadi, Manajemen Sistem Informasi, Universitas Bina Nusantara

Jl. K.H. Syahdan No. 9, Kemanggisan – Palmerah Jakarta Barat 11480

Unduhan

Diterbitkan

2018-04-30

Terbitan

Bagian

Article