KEMENANGAN ANIES-SANDI PADA PUTARAN KEDUA PILKADA DKI 2017-2022; TINJAUAN BAURAN PEMASARAN POLITIK

Authors

  • Ardhana Ulfa FISIP UPNVJ Prodi Politik

DOI:

https://doi.org/10.33822/gk.v1i1.299

Abstract

Menggunakan bauran pemasaran dalam dunia politik akan melihat bagaimana institusi politik atau suatu tim pemenangan secara menyeluruh mulai dari memformulasikan suatu produk politik berupa kebijakan, figur, partai dan presentasi, menyusun program publikasi, menghitung harga produk politik baik secara ekonomis,psikologis dan sosial, sampai pada upaya menempatkan produk dalam akses yang paling mudah untuk diperoleh. Bauran pemasaran menjadi strategi dalam mengemas produk politik sehingga bisa diterima dengan baik oleh masyarakat yang akan memilihnya.

Kemenangan pasangan Anies-Sandi dalam putaran kedua pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta 2017-2022 dapat dianalisa melalui penerapan strategi bauran pemasaran politik. Sejauhmana strategi bauran pemasaran politik digunakan oleh tim pemenangan Anies-Sandi dalam menjaring suara yang memenangkannya 57,96 %.

Author Biography

Ardhana Ulfa, FISIP UPNVJ Prodi Politik

Dosen Aktif di FISIP UPNVJ, Prodi Politik

Downloads

Published

2018-05-05